Bikin Melongo, Ini Dia Motor Trail ‘Siluman’

Bikin Melongo, Ini Dia Motor Trail ‘Siluman’


Negara adidaya, Amerika Serikat, memang jagonya dalam urusan merancang dan membuat kendaraan tempur atau ranpur bagi pasukannya. Selalu saja ada inovasi baru yang ditelorkan produsen alat tempur di negeri Paman Sam tersebut, mulai dari drone, pesawat siluman, tank dan kapal perang. Berbagai varian senjata serbu pun silih berganti diproduksi, dengan segala kecanggihan dan keunggulannya.
Sumber foto: mensjournal.com
Sumber foto: mensjournal.com
Nah, ada satu kendaraan tempur baru yang akan memperkuat jajaran militer Amerika. Kendaraan tempur ini lain dari yang lain. Bukan pesawat siliuman, bukan pula tank atau kapal perang. Bukan, bukan ranpur sejenis itu. Kendaraan tempur andalan militer Amerika itu adalah sebuah sepeda motor. Tentu bukan sepeda motor biasa. Tapi sepeda motor yang memang dirancang khusus untuk keperluan para serdadu di medan perang.
Motor ranpur roda dua andalan Amerika itu sebuah sepeda motor trail. Namanya RedShift MX. Motor trail RedShift MX itu dirancang untuk jadi sepeda motor siluman yang akan diandalkan pasukan darat Amerika untuk menyusup ke wilayah lawan dengan senyap.
Tentu sebagai motor siluman, trail RedShift MX ini punya teknologi canggih. Saat ini, proyek pengerjaan motor siluman ini sedang dikerjakan oleh perusahaan Logos Technologies. Jika sudah jadi, motor trail siluman itu benar-benar akan jadi motor yang bisa bergerak senyap, ringan dan praktis.
Sumber energi yang akan dipakai sumber energi hybrida yang menggabungkan energi listrik dan gas. Dipakainya dua energi untuk menutup kekurangan energi listrik yang mungkin akan sulit ketika melakukan operasi dengan durasi lama.
Motor siluman ini bila sudah rampung akan dipakai oleh pasukan khusus dalam unit kecil. Motor siluman dipakai untuk menjelajah wilayah pelosok yang sulit dijangkau. Dengan motor siluman ini, diharapkan pasukan khusus bisa bergerak lincah, cepat dan senyap. Sehingga, ketika masuk pelosok, tak perlu lagi harus melakukan operasi dengan jalan kaki. Prinsipnya motor siluman ini punya kemampuan All Wheel Drive, cepat, trengginas, ringan dan sunyi. Ya, bila sudah jadi, mungkin motor siluman itu adalah stealth daratnya Amerika.


Sumber